Breaking News

Persib Hadapi Peta Kekuatan Baru di Piala Presiden 2017


Pembagian grup Piala Presiden 2017 sudah ditentukan hasilnya semua grup adalah “neraka”. Sementara itu, Persib tergabung di Grup 3  yang akan berlangsung di Bandung, dan inilah hasil pembagian grup selengkapnya.

GRUP 1: PSS Sleman, Persipura, Mitra Kukar, Persegres Gresik United.
GRUP 2: Arema FC, Bhayangkara FC, Persija,  PS TNI.
GRUP 3: Persib, PSM Makassar, Persiba Balikpapan, Persela.
GRUP 4: Bali United, Sriwijaya FC, PBFC, Barito Putera.
GRUP 5: Madura United, Semen Padang, Perseru Serui, PSCS Cilacap.

Peta kekuatan lawan maupun calon lawan pun harus diperhatikan. Data BIRU kali ini mencoba memetakan kekuatan yang perlu diwaspadai oleh Persib Bandung.

Tergabung di grup 3 adalah bukan hal yang mudah, PSM Makassar, Persiba Balikpapan, dan Persela Lamongan merupakan tim-tim tangguh, bahkan dengan demikan grup ini  menjadi grup dengan kekuatan yang paling merata.

Jika kita melihat dari pertemuan terakhir Persib dengan ketiga tim itu. Persib hanya hanya menang atas Persiba Balikpapan dan hampir kalah dengan PSM Makassar, serta kalah tipis dari Persela Lamongan.


Persib akan langsung bertemu lawan kuat di grup 3, yakni PSM Makassar. Menghadapi PSM Makassar akan layaknya laga final, karena PSM Makassar yang sekarang benar-benar diperhitungkan bahkan bukan hanya oleh tim yang tergabung di grup 3 saja.

Melawan PSM Makassar juga benar-benar menjadi pembuktian ketangguhan skuad Djanur dalam mengukur kesiapan Persib berlaga di Liga 1 Indonesia, Maret mendatang.

Bahkan secara permainan pun PSM Makassar dinilai salah satu tim yang akan menyulitkan Persib, selain Persipura (Grup 1), Arema FC (Grup 2), Bali United (Grup 4), dan Madura United (Grup 5).

"Kami melihat Persela sebagai sebuah tim dan permainannya. Bukan melihat dari masing-masing individunya. Jadi meskipun banyak eks Persib, tetap saja tim yang akan lolos ke fase berikutnya adalah tim yang paling siap," ucap bek Persib, Tony Sucipto kepada wartawan di Stadion Siliwangi, Kota Bandung, Rabu (25/1/2017).

Hal ini tidak lain karena sejumlah pemain bintang nasional berkostum PSM Makassar seperti Rafhael Maitimo, Hamka Hamzah, Ardan Aras, Ferdinand Sinaga, Rizky Pellu, Titus Bonay, dan sederet nama tenar lainnya dalam kancah sepakbola Indonesia.

Sementara saat bertindak sebagai tuan rumah, Persib bukan hanya hampir kalah bahkan Persib juga dibuat jatuh bangun. Dalam laga yang berlangsung distadion GBLA itu Persib yang sempat unggul skor selalu berhasil disamakan, hingga kedudukan berakhir tipis 3-2 untuk kemenangan Persib beberapa menit sebelum waktu normal berakhir.

Dengan kekuatan seperti itu, PSM Makassar berpeluang besar lolos ke babak 8 besar. Sementara itu, tim yang lolos ke babak 8 besar terdiri atas lima juara grup dan tiga peringkat kedua terbaik, babak 8 besar sendiri akan dilaksanakan single match.

Sama sulitnya saat menjamu Persiba Balikpapan, Persib bahkan harus tertinggal lebih dulu sebelum akhirnya menang tipis 2-1, November 2016 lalu.

Dengan keuntungan sebagai tuan rumah apalagi didukung puluhan ribu Bobotoh, Persib dituntut lolos sebagai juara grup. Setelah melewati babak 8 besar, hanya ada empat tim yang maju ke babak Semi Final dengan format home and away, lalu Final akan dilaksanakan single match.

Artinya ini bukan hanya kompetisi pra-musim biasa, namun Piala Presiden 2017 diyakini menjadi miniatur masa depan kekuatan klub sepakbola Indonesia pasca sanksi FIFA. Kekuatan lama era Liga Indonesia seperti Persipura, Arema FC, Persija, Sriwijaya FC, Semen Padang, termasuk Persib, akan saling berhadapan dengan kekuatan-kekuatan baru pasca sanksi FIFA, seperti Bhayangkara FC, PSM Makassar, Bali United, Pusamania Borneo FC, dan Madura United.

Bagikan Kepada Bobotoh Sekarang!!!

Tidak ada komentar