Breaking News

Bermain Imbang Lawan Filipina, Bagaimana Peluang Lolos Indonesia


Indonesia dipaksa bermain imbang 2-2 dengan tuan rumah Filipina pada Selasa (22/11) malam, setelah sebelumnya kalah dari Thailand sedangkan Filipina imbang dengan Singapura dilaga pertama. Padahal pada laga kedua di grup A tersebut, Timnas Indonesia ditargetkan meraih kemenangan untuk membuka jalan ke babak Semifinal.

Raihan satu poin membuat Timnas kembali diposisi terbawah klasemen grup A, sedangkan Filipina tetap berada diposisi kedua. Sementara itu, di hari yang sama Thailand memastikan diri lolos ke Semifinal setelah mengalahkan Singapura 1-0. Lantas jika sudah begini apakah peluang Indonesia sudah tertutup?, berikut ini peluang lolos Indonesia ke Semifinal.

Jika kita melihat klasemen sementara grup A AFF Suzuki Cup 2016, posisi pertama ditempati Thailand dengan 6 poin, posisi kedua ditempati tuan rumah Filipina dengan 2 poin, posisi ketiga ditempati Singapura dengan satu poin, dan diposisi terakhir atau keempat ditempati Timnas Indonesia dengan satu poin.

Dan jika kita lihat pada pertandingan selanjutnya yang merupakan pertandingan terakhir semua tim di grup A. Maka jawabannya peluang lolos Indonesia ke Semifinal masih ada.
Laga terakhir akan digelar pada Jumat (25/11), Indonesia akan berhadapan dengan Singapura dan Filipina menghadapi Thailand. Jalan satu-satunya adalah Indonesia harus mengalahkan Singapura, karena jika kembali imbang Timnas Indonesia harus angkat koper untuk pulang. Sekali lagi, Indonesia harus menang melawan Singapura.

Thailand bukan hanya dipastikan lolos ke babak berikutnya, melainkan juga dipastikan lolos menjadi juara grup A. Karena jika pun Filipina menang dari Thailand raihan poin Thailand tetap yang terbanyak. Tapi itu tidak boleh terjadi, Thailand harus bisa mengalahkan Filipina atau paling tidak laga berakhir imbang. Jika seperti itu Indonesia lah yang akan menemani Thailand lolos ke Semifinal, namun itu pun dengan catatan sekali lagi, Indonesia harus menang melawan Singapura.

Situasi seperti ini mirip dengan situasi Piala AFF 2010 silam, Thailand saat ini ibaratkan Indonesia 2010 dan Filipina ibaratkan Thailand 2010, sedangkan Indonesia adalah Malaysia 2010. Pada penyisihan grup 2010 silam Malaysia berhasil lolos ke Semifinal berkat Indonesia yang berhasil mengalahkan Thailand dilaga terakhir. Alasannya Indonesia mengalahkan Thailand adalah Thailand merupakan tim yang kuat, maka harus dihentikan sejak awal. Malaysia pun lolos ke Semifinal dan harus berterimakasih pada Indonesia.

Semoga saja Thailand punya alasan yang sama untuk mengalahkan Filipina nantinya, dan semoga saja jika benar situasinya akan sama seperti 2010 yang Indonesia saat ini adalah Malaysia 2010, lalu kita lolos ke Semifinal dan Indonesia bisa membuat kejutan meraih gelar juara.


Bagikan Ke Bobotoh Sekarang Juga!

Tidak ada komentar